Sekilas Tentang Terapi Wicara dan Terapi Auditory Verbal

Setelah anak dengan gangguan pendengaran diberikan alat bantu dengar yang sesuai dengan kebutuhannya (alat bantu dengar, kohlea implan, atau BAHA) anak perlu diberikan terapi. Ada dua macam terapi untuk anak dengan gangguan pendengaran, yaitu terapi wicara (speech and language therapy) dan auditory verbal therapy (avt).

Berikut adalah sedikit ulasan tentang terapi wicara dan avt:

 

Sekilas Tentang Terapi Wicara (Speech & Language Therapy)

 

Pengertian Terapi Wicara (bagi anak dengan gangguan pendengaran)

Usaha untuk meningkatkan kemampuan dalam hal berkomunikasi baik secara pemahaman maupun kemampuan secara lisan.

 

Metode dalam Terapi Wicara:

  1.     Bermain
  2.    Vokal
  3.    Meraban/babbling
  4.    Meniru/echolalia
  5.    Komunikasi, antara lain:a.   Komunikasi totalb.   Multisensoryc.   Auditory Verbal (AVT)

    d.   Phonetic placement

    e.   Stimulasi

    f.   Integral stimulator

  6.  Sensory motor

 

Pendekatan dalam Terapi Wicara:

1. Anak secara individual

2.  Metode yang digunakan

3.  Materi untuk latihan bicara individual

 

 

Tujuan Utama Terapi Wicara

  1.  Meningkatkan kemampuan untuk mengerti dan mengungkapkan pemikiran, ide, dan perasaan.
  2.  Meningkatkan kemampuan bicara.
  3.  Meningkatkan kemampuan untuk menyelesaikan masalah dan kemandirian dalam lingkungan.
  4.  Meningkatkan kemampuan menelan dan keamanan menelan.
  5.  Mencapai kemampuan untuk kesiapan sekolah.
  6.  Meningkatkan kualitas vokal.
  7.  Meningkatkan kelancaran bicara.
  8.  Meningkatkan kemampuan bersosialisasi.
  9.  Meningkatkan kualitas hidup.
  10.  Meningkatkan rasa percaya diri.
  11.  Meningkatkan kemandirian.

 

Dirangkum dari berbagai sumber.

 

 

Sekilas Tentang Auditory Verbal Therapy (AVT)

 

Pengertian AVT

AVT adalah pendekatan intervensi dini untuk anak-anak dengan gangguan pendengaran dan keluarganya.

 

Fokus AVT

AVT fokus pada pendidikan, pengarahan, advokasi, dukungan keluarga, dan menerapkan teknik, strategi, kondisi, dan prosedur yang mengoptimalkan bahasa verbal melalui mendengar.

 

Tujuan utama AVT

Mengarahkan orang tua untuk menolong anak-anaknya membangun bahasa verbal yang baik melalui mendengar, dan membimbing orang tua untuk mengadvokasi anak-anaknya berinklusi dalam sekolah umum. Pada akhirnya, orang tua memperoleh rasa percaya diri bahwa anak-anaknya akan mempunyai akses yang luas dalam pendidikan, sosial, dan pilihan bakat/kejuruan.

 

Prinsip-prinsip AVT

1.  Menyarankan deteksi dini gangguan pendengaran pada bayi baru lahir, balita, dan anak-anak, diikuti dengan    manajemen audiologi dan AVT.

2.  Menyarankan asesmen dan penggunaan alat bantu dengar sesegera mungkin untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari stimulasi suara.

3.   Membimbing dan mengarahkan orang tua untuk menggunakan pendengaran sebagai modalitas sensori dalam meningkatkan bahasa verbal tanpa menggunakan bahasa isyarat atau membaca bibir.

4. Membimbing dan mengarahkan orang tua untuk menjadi fasilitator utama bagi perkembangan mendengar dan bahasa verbalnya melalui partisipasi aktif dan konsisten dalam AVT.

5.  Membimbing dan mengarahkan orang tua untuk menciptakan lingkungan yang dapat menunjang perkembangan bahasa verbal melalui kegiatan sehari-hari.

6.  Membimbing dan mengarahkan orang tua untuk menggabungkan kemampuan mendengar dan bahasa verbal dalam semua aspek kehidupan anak.

7.   Membimbing dan mengarahkan orang tua untuk menggunakan pedoman alamiah mendengar, bicara, bahasa, bahasa, kognitif, dan komunikasi.

8.   Membimbing dan mengarahkan orang tua untuk membantu anaknya memonitor bahasa verbalnya melalui mendengar.

9.  Melakukan penilaian diagnosa formal dan informal untuk meningkatkan program perorangan auditory verbal, untuk memonitor perkembangan, dan untuk mengevaluasi efektivitas program bagi anak dan keluarganya.

10.  Mempromosikan pendidikan di sekolah umum bersama-sama dengan murid yang tidak mengalami gangguan pendengaran sejak dini.

 

Disadur dari: Auditory-Verbal Therapy and Practice by Warren Estabrooks, M.Ed., Dip. Ed. Deaf, Cert. AVT

Berikut adalah foto setelah sesi terapi wicara yang diikuti Menur pada Juli 2009.

1936474_1167088064698_1359055_n

 

Dan ini adalah rekaman ketika Menur sedang dalam sesi terapi wicara.

*Semoga bermanfaat*

*repost dan diedit dari sini*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s