Nobar Inside Out

Nobar? Iya, nonton bareng Menur, hehehe. Hari Jumat tanggal 18 September 2015 kemarin kami nonton film Inside out, sebuah film kartun yang ternyata isinya berat banget buat anak-anak bahkan buat remaja. Film dengan durasi 101 menit itu memang buat 13 tahun ke atas. Cerita di film itu sebenarnya adalah teori neuropsikologi yang dikemas dalam bentuk kartun sehingga mudah untuk dicerna. Bercerita tentang mesin emosi yang ada di dalam diri seorang anak bernama Riley yang mengendalikan berbagai tingkah lakunya. Ada lima emosi di dalam kepala Riley, yaitu Joy, Fear, Anger, Disgust, dan Sadness. Film ini juga bercerita tentang tidur dan mimpi, serta tentang memory (LTM, STM, Core Memory).

emotions inside out

Lima bentuk emosi itu: Anger, Disgust, Joy, Fear, Sadness

Bagaimana Menur menonton film ini? Nah disini serunya. Di tengah keletihan setelah sekolah dan mengikuti kelas manga, kami ke Kemang Village untuk nonton film ini. Begitu memasuki ruangan XXI dan antri untuk membeli ticket, Menur bilang: “Bu, ini ternyata untuk 13 tahun ke atas. Aku kan umur 12. Gimana? Boleh nggak aku nonton?” Untung saya sudah baca sinopsis film ini, jadi saya bilang boleh. And for your info, saat ini usia Menur 12 tahun 10 bulan. Hahahaha….

image

Ada beberapa komentar lucu ketika kami membahas film ini setelah selesai nonton: “Kenapa imaginary friend aku sekarang kok hilang? Apa karena nggak masuk ke LTM?” Atau: “Emosi mana yang lebih kuat di diri aku? Aku kan nggak pemarah, nggak jijikan. Tapi aku gampang sedih. Yang mana, bu?” Atau juga: “Berarti kalau mau mudah hafal harus dimasukkan ke dalam Core Memory kan? Supaya masuk ke LTM?” Wow….

Kembali lagi Ibu mensyukuri berbagai perkembangan yang ada di dirimu, Menur. Gangguan pendengaran tidak menghambat perkembangan kognitifmu. Ayo terus berkembang dengan sebaik mungkin. I’m so proud of you.

Leave a Reply

