Pentingnya Memilih Alat Bantu Dengar Yang “TEPAT”

Ketika kita mendapati bahwa buah hati kita memiliki gangguan pendengaran, dan disarankan untuk memakai alat bantu dengar, sebagai orang yang awam tentunya kita bingung: seperti apa alat bantu dengar yang sesuai dengan kebutuhan anak kita? Apakah anak kita harus segera memakai alat bantu dengar? Apakah semua alat bantu dengar pasti sesuai dengan kebutuhan anak kita? Apa akibatnya kalau anak kita memakai alat bantu dengar yang tidak sesuai dengan kebutuhannya? Apakah alat bantu dengar itu semakin mahal akan semakin baik untuk anak kita? Dan masih banyak lagi pertanyaan yang ada di pikiran kita.

Memang sebaiknya anak kita segera memakai alat bantu dengar SEGERA setelah terdeteksi memiliki gangguan pendengaran. Mengapa harus segera? Karena sebaiknya kita tidak membuang waktu lagi untuk mengejar ketertinggalan perkembangan mendengar, bahasa dan bicara anak kita. Sebisa mungkin kita meminimalisir perbedaan perkembangan tersebut dengan anak yang dapat mendengar.

Lantas seperti apa alat bantu dengar yang sesuai dengan kebutuhan anak kita? Hal ini ditentukan dari hasil tes pendengaran yang telah dilakukan (BERA/ASSR). Apabila anak kita didiagnosa memiliki gangguan pendengaran sangat berat (profound) maka alat bantu dengar yang sesuai adalah yang memiliki daya amplifikasi ultra (ultra power). Tanyakan kepada toko alat bantu dengar yang anda datangi:

1. Apakah abd yang disarankan tergolong ultra power.

2. Berapa daya penguatannya (gain).

3. Berapa maximum power output nya (MPO).

Tidak semua konsultan di toko abd menguasai tentang hal ini. Maka sebaiknya kita sebagai orang tua melakukan survey ke beberapa toko abd untuk mendapatkan pelayanan yang sesuai.

Apakah semua alat bantu dengar pasti sesuai untuk anak kita? Tentunya tidak. Ada berbagai jenis alat bantu dengar dengan berbagai model dan fitur. Model yang disarankan untuk anak-anak adalah BTE (Behind The Ear), karena lebih mudah perawatannya dibanding model lain. Bagaimana dengan fitur-fitur yang ada pada abd? Apakah semakin banyak channel akan semakin baik hasilnya? Ternyata semua tergantung kebutuhan. Pada gangguan profound, yang dibutuhkan anak adalah daya amplifikasi (penguatan suara). Semakin besar gain dan MPO nya maka akan semakin memenuhi kebutuhan amplifikasi bagi penderita gangguan pendengaran sangat berat.

Apakah semakin banyak channel berarti abd itu semakin baik? Kalau gangguan pendengarannya profound, maka yang lebih dibutuhkan adalah daya penguatan suaranya, bukan banyaknya channel pada abd. Channel pada abd hampir sama cara kerjanya dengan equalizer pada speaker kita. Semakin banyak channel berarti suara yang dihasilkan bukan semakin keras. Yang menentukan kerasnya suara yang dihasilkan adalah gain. Untuk gangguan pendengaran sangat berat, kita bisa mencari abd dengan MPO 144dB.

Rasanya tidak berlebihan kalau saya katakan bahwa pemilihan abd yang tepat mempengaruhi keberhasilan perkembangan mendengar, bicara, dan bahasa pada penggunanya. Yang nantinya akan berpengaruh pada perkembangan emosional anak, kualitas berkomunikasi, intelegensi, dan pendidikan. Untuk itu kita sebagai orang tua tidak boleh malu dalam bertanya. Banyak-banyaklah bertanya dan membandingkan segala sesuatu yang kita yakini berkaitan dengan kebutuhan anak kita.

TETAP SEMANGAT!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s