TIPS MEMAKSIMALKAN TERAPI PADA ANAK DENGAN GANGGUAN PENDENGARAN

Setelah anda memberikan alat bantu dengar (ABD) / cochlear implant (CI) pada anak anda dan anak anda memakainya sepanjang terjaga, langkah berikutnya adalah memberikan terapi yang sesuai dengan kebutuhannya. Ada beberapa macam terapi yang dapat diberikan untuk anak dengan gangguan pendengaran, yaitu: Terapi Wicara (TW) / Speech Therapy, Auditory Verbal Therapy (AVT) / Terapi Mendengar, dan Natural Auditory Oral (NAO). Semuanya memiliki tujuan akhir yang sama, yaitu membuat anak dengan gangguan pendengaran dapat berbicara dan berkomunikasi.
Manakah terapi yang paling baik untuk anak dengan gangguan pendengaran? Tidak ada terapi yang paling baik! Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keberhasilan dari terapi yang dipilih bukan berdasarkan jenis terapinya atau siapa terapisnya, tetapi berdasarkan keterlibatan orang tua dengan terapisnya dan penerapan materi terapi di luar sesi terapi. Anda adalah terapis yang terbaik bagi anak anda!

Berikut adalah beberapa tips bagi orang tua agar bisa mendapatkan manfaat maksimal dari terapi yang dipilih:

1. Pilihlah terapis yang bisa dan mau bekerja sama dengan anda sebagai orang tua. Bekerja sama berarti

Terapis menginginkan orang tua berada dalam ruangan terapi dalam sesi terapi. Dengan berada dalam ruang terapi, orang tua akan mengetahui apa saja yang dilakukan terapis terhadap anaknya. Dengan demikian diharapkan orang tua dapat melakukan hal yang sama di rumah.
Terapis memberikan laporan atas setiap sesi terapi yang sudah berlangsung dengan menjelaskan tujuan dari setiap kegiatan dalam sesi terapi tersebut.
Terapis memberikan home program (semacam pekerjaan rumah) kepada orang tua agar dapat melakukan kegiatan serupa di rumah.

Apabila anda mendapati terapis yang sekarang tidak memenuhi kriteria di atas, jangan segan-segan untuk mencari terapis yang lain. Kerjasama antara terapis dengan anda sangat menunjang kemajuan anak anda.

2. Orang tua melakukan home program yang diberikan oleh terapis dalam kegiatan sehari-hari. Komitmen orang tua untuk terlibat dalam mengerjakan program di luar sesi terapi sangat mendukung perkembangan anak.

Melatih anak selama lima menit setiap sesi setiap hari memberi hasil yang luar biasa terhadap perkembangan mendengar dan bicara anak.
Sangat penting untuk melakukan setiap sesi antara orang tua dengan anak secara singkat. Sesi singkat tapi dengan frekuensi yang sering memberi hasil yang jauh lebih baik daripada sesi yang panjang tapi jarang dilakukan.

3. Orang tua YAKIN bahwa anaknya bisa mencapai target yang sudah ditetapkan. Keyakinan mendorong semangat orang tua untuk melakukan latihan secara terarah dan teratur. Apabila orang tua tidak memiliki keyakinan bahwa anaknya akan bisa mencapai target yang ditetapkan maka tidak akan ada semangat untuk melakukan latihan.

Akhirnya didapat kesimpulan bahwa yang memegang peranan penting akan keberhasilan anak adalah orang tua, bukan terapis maupun jenis terapi yang diikuti. Andalah penentu keberhasilan anak anda.
Demikian sekedar rangkuman tips dari saya. Semoga bermanfaat.

Salam,
Dion/Ibunya Menur
*Dirangkum dari berbagai sumber + pengalaman pribadi*

Sumber: http://menurntik.multiply.com/journal/item/78/TIPS-MEMAKSIMALKAN-TERAPI-PADA-ANAK-DENGAN-GANGGUAN-PENDENGARAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s