Tips Memilih Toko Alat Bantu Dengar

Setelah mengetahui anak anda mengalami gangguan pendengaran, biasanya anda akan disarankan untuk memakaikan alat bantu dengar (ABD) pada anak anda. Sebagai orang yang baru saja memasuki dunia ketunarunguan (kecuali bila disebabkan oleh faktor genetik) anda pasti bingung untuk menentukan harus membeli ABD yang seperti apa dan membeli dimana.

Mengapa memilih toko ABD menjadi sangat penting?

“Ketepatan memilih ABD menentukan keberhasilan anak kita untuk belajar mendengar, bicara, berkomunikasi, menerima pelajaran di sekolah, dan pada akhirnya adalah menentukan keberhasilannya di masa datang.”

Berikut ada sedikit tips berdasarkan  pengalaman saya dan beberapa curhat orang tua lainnya:

1.  Banyak-banyaklah mencari informasi kepada orang tua yang telah lebih dulu memiliki anak dengan gangguan pendengaran. Carilah informasi di internet. Ikutlah forum sharing atau kumpulan orang tua yang telah memiliki anak yang mengalami gangguan pendengaran sebelumnya dan telah sukses membesarkannya. Adanya sharing dengan orang tua lain akan sangat membuka wawasan kita tentang bagaimana menentukan toko ABD, pentingnya ABD bagi anak kita, apa saja yang perlu dilakukan setelah pemakaian ABD, dan masih banyak lagi. Termasuk tentang toko ABD yang direkomendasikan dan alasannya.

2.  Tanyakan kepada petugas toko ABD yang anda datangi, tunjukkan hasil ASSR anak anda, dan tanyakan pendapatnya tentang ABD yang sesuai. Tanyakan juga apakah ABD tersebut dapat mengcover kebutuhan mendengar anak anda. Setelah petugas memberikan jawaban, tanyakan spesifikasi dari ABD yang ditawarkan dan mintalah penjelasan dari petugas tersebut. Apabila jawaban petugas hanyalah “Ini sudah sesuai untuk anak bapak/ibu.” Maka sebaiknya anda tidak membeli di toko itu.

3.  Tanyakan pada petugas tersebut apakah ABD tersebut bisa di setting sesuai dengan hasil ASSR anak anda. Apabila petugas menjawab bisa, tanyakan lagi fitur apa saja yang bisa disetting pada ABD yang disarankan. Bisakah anda melihat layar monitor komputer petugas tersebut untuk mengetahui apa saja yang bisa di-setting pada ABD tersebut dan proses fittingnya. Apabila petugas tidak bisa menerangkan apa yang ingin anda ketahui, maka lebih baik anda tidak membeli di toko itu!

4.  Tanyakan pada petugas tersebut: garansi toko atas ABD tersebut dan apa saja yang tercover dari garansi tersebut.

5.  Tanyakan pada petugas tersebut, apa saja prosedur audiologis yang perlu dijalani oleh anak anda, berapa lama setelah memakai ABD, apakah perlu fitting ulang ABD anak anda, fitting ulang tersebut berdasarkan apa saja, apakah prosedur audiologis tersebut bisa dilakukan di toko tersebut, dan apakah dikenakan biaya atas semua proses yang akan dijalani. Apabila salah satu jawabannya adalah tidak, lebih baik anda tidak membeli ABD di toko tersebut.

Masih banyak pertimbangan lain untuk memilih toko ABD. Untuk itu carilah rekomendasi atau berkumpullah dengan orang tua yang sama-sama memiliki anak dengan gangguan pendengaran.

Tulisan ini dibuat berdasarkan cerita para orang tua yang “merasa menyesal” karena memilih toko ABD yang salah. Jangan sampai hal ini terjadi lagi pada orang tua lainnya.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat membantu.

Salam,

Dion, Ibunya Menur

Sumber: http://menurntik.multiply.com/journal/item/76/Tips-Memilih-Toko-Alat-Bantu-Dengar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s